Menggali Kekayaan Maritim, PUB Inisiasi Jelajah Pesisir Banten 2022


SERANG – Menjelang HUT Banten ke-22, Persatuan Urang Banten (PUB) menggelar kegiatan bertajuk ‘Jelajah Pesisir Banten 2022’. Kegiatan ini bertujuan untuk menggali dan mengangkat potensi wilayah pesisir Banten.

Kegiatan ini nantinya akan memotret keadaan secara nyata bagaimana kehidupan yang terjadi di masyarakat pesisir serta potensi apa yang dapat  dikembangkan di daerah pesisir tersebut.

Sejauh 504 KM akan dijelajahi oleh para anggota PUB mulai dari Tanjung pasir di kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, hingga ke daerah banten selatan termasuk Sawarna.

“Jelajah Pesisir Banten 2022 akan memberi kita gambaran potensi dan peluang yang utuh. Sehingga bisa menjadi acuan kebijakan dasar untuk mensinergikan pembangunan industri dengan kehidupan masyarakat sekitar,” ucap Bobby Hidayat, Ketua Pelaksana Jelajah Pesisir Banten dalam talkshow Bincang Hari Ini di Sultan Tv, Sabtu (17/9/2022).

Ia menambahkan, wilayah pesisir dan laut Provinsi Banten dengan luas perairan 11.134,22 km2, dengan panjang garis pantai 509 km, serta 55 pulau-pulau kecil dan pulau terluar menyimpan kekayaan dan keragaman sumber daya pesisir serta laut.

“hal ini terbukti di masa Kesultanan Banten, masyarakat pesisir cukup sejahtera. Pusat ekonomi ada disana. Jelajah Pesisir Banten 2022 akan memotret potensi dan peluang di wilayah pesisir untuk mengembalikan hal itu,” papar Bobby.

Hal senada diungkapkan Ketua Pengarah Jelajah Pesisir Banten 2022, Ahmad Yani mengatakan, potensi yang demikian besar, saat ini dinilai belum terekspose dengan baik.

“Dengan potensi itu, seharusnya masyarakat pesisir Banten lebih sejahtera. Namun saat ini justru kondisinya terbalik,” katanya.

Melihat adanya potensi yang belum tergali, PUB bekerjasama dengan Sultan Tv mencoba mengeksplorasi kekayaan tersebut melalui kegiatan Jelajah Pesisir Banten 2022.

“Kita perlu terus mempromosikannya, dan mengemasnya menjadi suguhan menarik. Sekaligus juga perlu memastikan bahwa pariwisata kita (Banten) memberikan efek positif bagi kesejahteraan masyarakat,” ucap Oki Daroki, Direktur Sultan Tv.

“Saya mengajak para influencer, pegiat medsos dan elemen lain untuk terus mempromosikan potensi pariwisata Banten. Saya percaya, kreativitas dan inovasi dapat mendorong kemajuan Provinsi Banten,” pungkasnya. []


0 Comments

Your email address will not be published.