Jelajah Pesisir Banten 2022, Taufiequrachman Ruki : Temukan Masalah dan Cari Solusinya


TANGERANG – Ketua Umum Persatuan Urang Banten (PUB), Taufiequrachman Ruki secara resmi melepas tim Jelajah Pesisir Banten 2022 di Tanjung Pasir, Kabupaten Tangerang, Sabtu (17/9/2022).

Dalam sambutannya, mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ini mengaku sangat tertarik dengan potensi terpendam yang ada di pesisir Banten.

“Saya bilang setuju, silahkan bergerak, saya mau tau sesungguhnya ada apa. Karena karakteristik Provinsi Banten itu beda, karakter pantainya beda,” jelas Ruki.

Ia menambahkan, wilayah pesisir dan laut Provinsi Banten dengan luas perairan 11.134,22 km2, dengan panjang garis pantai 509 km, serta 55 pulau-pulau kecil dan pulau terluar menyimpan kekayaan dan keragaman sumber daya pesisir serta laut.

“Banten merupakan Provinsi yang dikelilingi garis pantai, mulai dari bagian Banten utara, barat, hingga selatan,” tuturnya.

Ia juga menghimbau kepada para tim Jelajah Pesisir Banten untuk tidak sekedar jalan-jalan. Namun benar-benar memotret keadaan, baik itu menggali potensi ataupun melihat masalah yang terjadi di masyarakat pesisir Banten.

“Jangan hanya jelajah jalan-jalan saja. Tapi cari masalah dan temukan solusinya,” ujar Ruki.

Seperti diketahui, Jelajah Pesisir Banten 2022 merupakan kegiatan menjelajah garis pantai sejauh 504 KM yang diinisiasi oleh PUB, Insan Pariwisata Indonesia (IPI) dan Sultan TV.

Dengan tujuan memotret masalah dan menggali potensi terpendam, baik potensi wisata, budaya maupun ekonomi dan investasi.

“Diketahui persoalan sosial,ekonomi, budaya, kesehatan, industri, pertanian, perikanan, pendidikan, transportasi, tambang, dan persoalan lain yang saling berkaitan,” ujar Ketua Pelaksana Jelajah Pesisir, Ahmad Yani.

Hadir dalam acara pembukaan ini, Wakil Ketua Hasan Gaido serta Ketua PUB Kab Tangerang Aida. (bum)


0 Comments

Your email address will not be published.