Umbar Data Pribadi, Meta Hapus Stiker Add Yours di Instagram


0

JAKARTA, Bantenhariini – Meta Indonesia, nama baru dari perwakilan Facebook di Tanah Air, berjanji akan menghapus konten berisi data pribadi pengguna yang menjadi korban penipuan bertajuk challenge ‘Add Yours’ di Instagram.

Diketahui, fitur stiker ‘Add Yours’ menuai kontroversi. Pasalnya, beberapa topik yang diangkat, dinilai memuat informasi sensitif. Misalnya, pengguna ditantang untuk menyebutkan kota asal, di mana saja pernah tinggal, nama lengkap pasangan atau anak, foto anak, usia, tanggal lahir, dan informasi bersifat pribadi lainnya.

Topik tersebut dibuat oleh para pengguna sendiri yang kemudian bisa dijawab oleh pengguna lain. Menurut beberapa pengamat keamanan, informasi-informasi itu bisa menjadi celah yang bisa dieksploitasi oleh penjahat siber.

Instagram akhirnya mengambil langkah untuk meminimalisasi celah tersebut. Meta, selaku induk Instagram mengatakan bahwa pihaknya akan menghapus stiker ‘Add Yours’ yang memuat informasi pribadi.

“Kami akan menghapus konten yang membagikan, menawarkan, serta mengumpulkan informasi identitas pribadi atau informasi pribadi lainnya yang dapat menyebabkan kerugian fisik atau keuangan, seperti informasi keuangan, tempat tinggal dan medis, serta informasi pribadi yang diperoleh dari sumber ilegal,” jelas perwakilan Meta, Kamis (25/11/2021).

Meta Indonesia menyebut, privasi dan keamanan informasi data pribadi pengguna merupakan hal yang sangat penting bagi Instagram. Untuk itulah mereka berupaya keras dalam menjaga informasi dan identitas pribadi pengguna.

“Dan kami tidak memperbolehkan pengguna mem-posting informasi pribadi atau bersifat rahasia, baik tentang diri mereka sendiri maupun orang lain,” tutur Meta Indonesia.

Lebih lanjut, perwakilan Meta mengatakan pihaknya tidak memperbolehkan pengguna mengunggah informasi pribadi atau bersifat rahasia, baik tentang diri mereka sendiri maupun orang lain. Misalnya informasi yang sudah terungkap di artikel berita, pengajuan pengadilan, siaran pers, maupun sumber lainnya.

“Ketika hal tersebut terjadi, kami mungkin akan mengizinkan informasi tersebut diposting di Instagram,” lanjut perwakilan Meta. (red)


Like it? Share with your friends!

0
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *