Melirik Potensi Bisnis Buket di Tangerang


TANGERANG, Bantenhariini – Bisnis buket saat ini sangat berkembang di kota-kota besar, pasalnya baragam macam buket cocok untuk hadiah acara-acara penting mulai dari wisuda, weeding, bahkan hadiah ulang tahun.

Alka Kusmia Chaula (23) pebisnis buket yang berasal dari UMKM Kecamatan Periuk, Kota Tangerang ini mengawali bisnisnya dari berjualan hijab dan tawaran senior kampus pada bulan Juli lalu untuk membuat buket, akhirnya Alka memberanikan diri meneruskan bisnis buketnya hingga saat ini.

“Awalnya ditawarin senior kampus bikin buket hijab, karena awalnya jualan Hijab. Saya dibantu juga sama rekan UMKM akhirnya yaudah deh coba bikin sendiri. Dan sampai sekarang banyak macam buket yang dijual,” ujar Alka saat ditemui dilokasi.

Buket yang tersedia pun bukan hanya buket Hijab. Namun, ada juga buket bunga, buket uang, buket tas, bucket boneka, bahkan bucket snack. Dan untuk buket snack Alka menyesuaikan dari request dan budget pembeli, sehingga anak kecil bisa membelinya tanpa khawatir harga yang ditawarkan. 

Alka mengaku, pada bulan November lalu orderan buketnya mencapai 45 orderan yang masuk perdua hari saja. Kedepannya Alka akan membuka usaha ini ke e-commerce lain seperti Shopee dan Tokopedia.

“Alhamdulillah, dari mulai bulan November sampai sekarang udah mulai banyak, sebulan ini udah ada 100 orderan buket,” ucapnya. 

Harga yang ditawarkan relatif terjangkau karena disesuaikan dengan permintaan pembeli, mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 170.000 saja. Alka menambahkan, ilmu yang sudah di dapat dari UMKM Periuk sanhat bermanfaat dan membantu proses produksi dalam bisnis buketnya ini. 

“Ngebantu banget ikut Umkm dan yang didapat dari itu pernah ikut pelatihan fotografi, membuka market online, bikin branding, dan pelatihan packaging,” tambah Alka.

Alka berharap, dari mudah-mudahan bisnis buket ini dapat berkembang dan berjalan dengan lancar, dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi yang membutuhkan.

“Buat yang mau pesan bisa langsung tanya-tanya di Instagram @alchaw.shop dan nomor WhatsApp 089503358688,” tutup Alka. (RT)


0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *