Diterjang Banjir Rob, 1.112 Warga Pesisir Pandeglang Mengungsi


PANDEGLANG, Bantenhariini – Pesisir Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten diterjang banjir rob dan menggenangi pemukiman warga pada Senin (6/12/2021) malam. Akibatnya 1.112 warga mengungsi.

Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Pandeglang, Emil Salim mengatakan banjir rob terjadi di empat kecamatan yakni Sukaresmi, Carita, Labuan dan Panimbang.

“Sementara untuk pengungsi tersebar di tiga kecamatan antara lain di Kampung Kalangsari, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kantor Desa Sidomukti, Kecamatan Sukarame dan Kantor Kecamatan Panimbang,” kata Emil, Selasa (7/12/2021).

Namun demikian, Emil mengimbau warga untuk tetap meningkatkan kewaspadaan dan melakukan evakuasi mandiri jika kemungkinan terjadi banjir rob susulan.

Berdasarkan informasi dari BMKG, banjir rob terjadi akibat gelombang tinggi yang disebabkan pola angin di wilayah Indonesia utara dan selatan dengan kecepatan angin 8-30 knot. Akibatnya, pesisir Pandeglang yang berada di perairan Selat Sunda mengalami gelombang sangat tinggi dengan ketinggian 4-6 meter.

“Dimohon untuk masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” kata Emil. (red) 


0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *