Manajemen Penuhi Tuntutan, Karyawan Alfamart Tetap Lakukan Aksi


SERANG, bantenhariini.com – Puluhan karyawan Alfamart cabang Serang setelah berjuang hingga sebulan, akhirnya mendapatkan separuh kebijakan dari pihak Manajemen PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.

Kebijakan tersebut dikeluarkan, berdasarkan beberapa aspirasi yang disampaikan dalam aksi unjuk rasa oleh sebagian karyawan guna menjaga lingkungan kerja yang kondusif.

Beberapa aspirasi yang telah ditanggapi yaitu, pengurangan jam kerja mengenai perubahan harga toko dilakukan pagi hari. Bahkan terkait dengan pemberian insentif karyawan, perusahaan menetapkan pemberian bonus untuk karyawan yang bekerja back office mendapatkan insentif tersebut setiap satu tahun sekali, sedangkan karyawan toko diberikan setiap bulan berupa Insentif Kinerja Toko (IKT).

Kepala Cabang Alfamart Serang, M Aji Wahyu Wasono menjelaskan, sebagai perusahaan terbuka (Tbk.) yang menampung ribuan tenaga kerja, PT. Sumber Alfaria Trijaya selalu mematuhi aturan yang dituangkan dalam Undang-undang yang berlaku. Termasuk di dalamnya mengenai ketenagakerjaan.

“Menanggapi aksi yang dilakukan, perusahaan sudah beberapa kali mengadakan pertemuan yang dihadiri oleh pihak terkait, termasuk Dinas Ketenagakerjaan. Manajemen telah berupaya untuk memenuhin beberapa hal yang diminta,” kata Aji kepada bantenhariini.com melalui pesan singkat, Kamis (20/6).

Adapun tuntutan lainnya, dikatakan Aji, mengenai upah waktu kerja tambahan atau lembur sudah dikaji ulang dan sudah disosialisasikan melalui media komunikasi internal yang dimiliki perusahaan.

“Sektor industri ritel merupakan industri padat karya. Kami menyadari karyawan merupakan aset utama yang dimiliki perusahaan. Oleh karenannya, manajemen berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi kesejahteraan karyawan, termasuk pembayaran upah yang mengacu pada UMK sesuai ketentuan perundang-undangan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Serikat KSBSI cabang Alfamart, Edy Purwanto mengakui, bahwa tuntutannya belum sepenuhnnya direspon baik oleh pihak Manajemen.

“Kita bukan masalah pencantumannya, Pak, tapi ketidaksesuaian antara upah lembur crew dan staf toko. Bahkan apabila ada libur nasional crew mendapatkan upah lembur sebesar Rp300 Ribu, sedangkan staf toko hanya mendapat sebesar Rp90 Ribu,” katanya.

Maka itu, Edy menegaskan, akan kembali melakukan aksi pada tanggal 25 Juni 2019, sebagai upaya menagih janji pihak Manajemen Alfamart cabang Serang. “Tuntutan kami adalah kesamaan dalam upah lemburnya, yang harus sesuai dengan UU Ketenagakerjaan,” tandasnya. (FEB)


Like it? Share with your friends!

316
316 points

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *

What's Your Reaction?

hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format