Manfaatkan Lahan Sempit, KWT Mawar Berseri Lakukan Pembibitan Tanaman Hidroponik


0

KOTA TANGERANG terkenal dengan julukan Kota Benteng merupakan kota terbesar dia area jabodetabek. Kota Tangerang memiliki berbagai tempat wisata edukasi yang berada di pusat kota. KWT Mawar Berseri merupakan salah satu progam KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang di bentuk oleh Pemerintahan Kota Tangerang. Berlokasi di Babakan RT.004/RW.004, Kel, Babakan, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten.

Dahalu sebelum menjadi kwt mawar berseri merupakan tanah kosong, semak tinggi dan puing puing. Berdiri sejak 22 Desember 2013 hingga saat ini. Dan sangat di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat sekitar. Seiring berjalannya waktu kwt mawar mengalami sedikit peluasan lahan
kebun.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan tanaman sayuran segar dan bibit sayuran namun, kwt mawar berseri juga menjadi kan wisata edukasi tanaman sayuran hidroponik dan pembibitan. Pengunjung dapat menikmati hasil panen atau olahan jahe merah instan dan sambal pecal yang di hasilkan oleh kwt mawar berseri. Sayuran segar dan bibit diletakan dalam polybag dari yang kecil hingga berukurang sedang terdiri dari berbagai jenis sayuran. Mulai dari sayuran Kangkung, Bayam, Tomat, Pakcoy, Kacang Tanah, Jagung, dan masih banyak lagi kamu temui di kwt mawar berseri. Selain sayuran ternyata kwt mawar memiliki kolam ikan yang berisi jenis ikan dari Ikan Nilla, Ikan Lele yang dimana hasil pertenakan ikan di jual atau di makan rame – rame oleh pengurus kwt.

Ketika kamu mengunjungi kwt mawar berseri, kamu akan mendapatkan pembelajaran tentang merawat tanaman dengan baik, mengetahui jenis tanaman, dan mengetahui manfaat dari tanaman tersebut. Kwt mawar menyediakan gazebo untuk bersantai.

Untuk mengunjungi kwt mawar kalian tidak di pungut biaya. Kwt ini juga sangat cocok bagi kalian yang pencinta tanaman dan ingin melakukan penelitian terhadap tumbuhan organic dan hidpronik.

Di kunjungi pada Minggu siang (03/01/2021), kondisi kwt sangat sejuk dikarenakan tanaman yang ada di sekitar dan juga bisa dikunjungi berbagai gender dan usia dari lansia hingga anak-anak . “karena efek masa pandemic ini hasil dari kebun hanya bisa di jual di daerah kwt
saja”, ujar bu Agus.

“seneng berkunjung ke kwt mawar berseni dapet pengetahuan luas si tentang tanaman dan juga bisa merasakah hasil petik nya”, ujar Melpa, salah satu pengunjung kwt mawar bersemi. ( Icha/BHI )


Like it? Share with your friends!

0
admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *